Hallo Selamat Begadang.... Selamat Datang Di GS HomestayGS Homestay : Nyaman, Aman, Tenang, BersihGS Laundry : Rapi, Bersih, Harum

Destinasi Wisata Doesoen Kakau Desa Karangharjo Glenmore

Destinasi wisata Doesoen Kakau di Kebun Kendanglembu, wilayah Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, kini semakin ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada musim liburan Natal dan tahun baru (Nataru).

Selama masa pandemi Covid-19, tempat wisata yang menjadi andalan di Kecamatan Glenmore sempat ditutup. Tapi, untuk produksi coklat masih tetap jalan. “Sekarang sudah kita buka lagi,” cetus Manajer Kebun Kendanglembu Benny Hendricrianto.

Tempat wisata Doesoen Kakau ini berbeda dengan destinasi wisata lain. Selain menyuguhkan keindahan alam, di tempat ini memperkenalkan wisata pembuatan coklat. “Pembuatan coklat dari hulu hingga hilir ada di Doesoen Kakau,” katanya.

Dengan datang di Doeseon Kakau, terang dia, maka pengunjung bisa melihat pohon coklat, panen, jemur, pengolahan, hingga pembuatan coklat. “Jadi tidak hanya pamer coklatnya saja, tapi cara membuatnya ada,” ujarnya saat menerima kunjungan Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi Samsudin Adlawi pada Selasa (29/12).

Dengan potensi yang dimiliki itu, Benny menyebut Doesoen Kakau ini bagus dibuat wisata edukasi. Selama ini, banyak siswa yang datang untuk belajar. “Kita banyak memproduksi coklat, yang baru ada fine cocoa, fone cocoa drink, ginger choco drink, choco churros, dam choco chips,” ungkapnya.

Camat Glenmore Gatot Suryono menyampaikan Doesoen Kakau salah satu destinasi wisata andalan di daerahnya, dan akan terus dikembangkan. Saat ini, wisatawan juga banyak yang datang. “Bagus juga dibuat event-even seperti festival, tempatnya bagus,” katanya. (abi)