Hallo Selamat Begadang.... Selamat Datang Di GS HomestayGS Homestay : Nyaman, Aman, Tenang, BersihGS Laundry : Rapi, Bersih, Harum

Info Pelabuhan Ketapang Gilimanuk

Info Pelabuhan Ketapang Gilimanuk. Pelabuhan Ketapang adalah lokasi penyeberangan kapal Ferry Jika kamu ingin menuju ke pelabuhan Gilimanuk, Pulau Bali maupun sebaliknya. Karena industri pariwisata yang berada di Kabupaten Banyuwangi terus digenjot, maka Pelabuhan Ketapang sebagai bentuk fasilitas maupun infrastruktur juga tidak lepas dari perhatian sektor pariwisata.

Para wisatawan juga sudah tidak merasa asing dengan nama Ketapang. Apalagi Ketapang lebih dari sekadar pelabuhan, tapi beberapa tempat di Indonesia juga mempunyai nama Ketapang, Contohnya Pelabuhan Ketapang Lampung yang berada tidak jauh dari lokasi pulau Pahawang.

Tentang pelabuhan Ketapang

Suasana yang umum terlihat di Pelabuhan Ketapang, salah satu pelabuhan tersibuk di bawah naungan PT. ASDP Persero.

Pemberian nama pelabuhan Ketapang berawal dari nama desa yang ada pada tempat pelabuhan tersebut. Pelabuhan ini berada di desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Pelabuhan tersebut berada di Banyuwangi. Selain itu ada juga 3 Pelabuhan lainnya yaitu Pelabuhan Laut Tanjung Wangi, wisata Watu Dodol, dan Boom.

Di pelabuhan inilah kamu bisa melihat berbagai macam kapal feri pulang-pergi dari Ketapang Gilimanuk untuk mengangkut penumpang maupun untuk mengangkut logistik menggunakan Kapal Roro.

Hal tersebut membuat Kementerian Perhubungan mengambil kebijakan karena Selat Bali mengalami overload sehingga Pelabuhan Ketapang kini hanya fokus untuk pelabuhan ferry para penumpang.

Di Indonesia, Pelabuhan Ketapang masuk dalam salah satu pelabuhan tersibuk, pelabuhan di bawah pengelolaan dan naungan PT ASDP persero. Terdapat beberapa fasilitas maupun infrastruktur untuk mendukung pekerjaan di pelabuhan. Saat musim liburan, jumlah kapal di pelabuhan tersebut ditambah supaya dapat memenuhi kebutuhan transportasi.

Harga Tiket Penyeberangan Di Pelabuhan Ketapang

Pelabuhan Ketapang sebagai lokasi penyeberangan menuju ke pelabuhan Gilimanuk artinya kamu harus memenuhi persyaratan biaya tiket penyeberangan. Kebijakan harga tersebut merupakan kebijakan dari pihak pengelola pelabuhan dan Direktorat angkatan umum multimoda Kementerian Perhubungan.

Bagi penumpang dewasa, maka harus mengeluarkan biaya Rp6.500 dan anak-anak Rp4500. Penyeberangan kendaraan sepeda yaitu 7500, motor Rp24.000, motor 500 cc sebesar Rp37.000 dan kendaraan penumpang golongan 4 sebesar Rp159.000 serta kendaraan barang golongan 4 sebesar Rp141.000.

Sedangkan untuk penggolongan 5, harus membayar tarif penyeberangan sebesar Rp302.000 dan kendaraan barang golongan 5 sebesar Rp242.000. Tarif penyeberangan kendaraan penumpang golongan 6 sebesar Rp495.000 dan kendaraan barang pada golongan 6 yaitu Rp141.000.

Reservasi tiket dapat kamu lakukan dengan cara online atau daring. Langkahnya adalah sebagai calon pengguna penyeberangan maka kamu harus memesan tiket terlebih dahulu pada bagian ASDP Indonesian Ferry caranya dengan mengunjungi laman berikut: https://www.indonesiaferry.co.id

Cara Menuju Ke Pelabuhan Ketapang

Waktu tempuh antara pelabuhan Ketapang ke pelabuhan Gilimanuk, kurang lebih 30 menit dan estimasi waktu kapal sandar 15 menit.

Pelabuhan Ketapang merupakan satu-satunya jalur darat jika kamu ingin menuju ke Bali dengan cara menyeberang Selat Bali. Para pengunjung pasti menggunakan pelabuhan ini karena ingin menuju ke Bali untuk kebutuhan wisata, kebutuhan bisnis, maupun kebutuhan lainnya.

Jika kamu memilih pergi menggunakan kendaraan pribadi, menggunakan layanan di pelabuhan Ketapang, maka kamu bisa mengambil jalur selatan dengan cara melewati Kabupaten Jember. Atau kamu juga bisa menggunakan jalur Utara yaitu melalui Situbondo.

Apabila kamu memilih mengambil jalur Utara, maka kamu akan melewati beberapa wilayah yaitu Kraksaan, Paiton, Besuki dan Situbondo serta berlanjut ke Asembagus, Wongsorejo, Banyuwangi dan sampailah di Ketapang.

Jika menuju ke jalur selatan, rute yang harus kamu dari Kota Probolinggo, Leces, Tanggul, rambipuji, Jember, dan perjalanan akan berlanjut menuju sempolan, Gumitir, Kalibaru, Glenmore, Genteng, Rogojampi, Klabat, Banyuwangi, dan Ketapang.

Apabila kamu ingin menuju ke lokasi dengan menggunakan transportasi umum, kamu bisa memilih naik bis atau kereta api. Jika ingin naik bis kamu bisa berangkat kapan saja karena rute transportasi umum di Banyuwangi tersebut tersedia dalam 24 jam baik dari Terminal Bungurasih Surabaya atau terminal Arjosari Malang.

Sedangkan jika kamu ingin naik kereta api, bisa naik kereta api Sri Tanjung apabila kamu berasal dari arah Jogja, dan kereta api Logawa apabila kamu berangkat dari Purwokerto. Pilihan kereta api berikutnya yaitu kereta api Mutiara Timur dan Probowangi bagi para pengunjung dari Stasiun Gubeng Surabaya serta kereta Api Tawang Alun apabila kamu berangkat dari Malang. Perhatikan bahwa kamu tidak boleh sampai keliru memilih stasiun karena merupakan tempat pemberhentian supaya bisa menuju ke Banyuwangi.

Pilih Stasiun Banyuwangi baru untuk menuju ke pelabuhan Ketapang sebagai pemberhentian terakhir. Jarak stasiun tersebut tidak terlalu jauh dari pelabuhan yaitu hanya sekitar 100 meter saja untuk selanjutnya dapat kamu lanjutkan perjalanan dengan cara jalan kaki.

Jadwal Keberangkatan Kapal

Apabila saat ini kamu berada di pelabuhan tersebut maka perlu mengetahui bahwa jarak pelabuhan ke Gilimanuk Bali yaitu 50 km sehingga jika menggunakan kapal feri dapat ditempuh dalam waktu 45 menit. Kamu juga wajib tahu jadwal pemberangkatan dari kapal feri rute Ketapang- Gilimanuk sebaliknya yang selalu ada setiap hari. Layanan berjalan setiap 30 menit. Jadwal kedatangan menyesuaikan yaitu sekitar 45 menit setelah keberangkatan.

Daftar Wisata Alam Murah Di Sekitar Pelabuhan Ketapang

Jika selama ini kamu memilih menggunakan Pelabuhan Ketapang untuk naik kapal feri supaya bisa menuju ke Bali, maka sebaiknya kamu bisa mampir ke daerah Banyuwangi tersebut. Hal ini karena ada beberapa destinasi wisata menarik yang sudah mempunyai fasilitas cukup baik di area dekat Ketapang.

Tidak hanya fasilitas maupun pesona alamnya, beberapa Spot juga menyediakan biaya tiket masuk terjangkau. Apabila saat ini kamu singgah di Ketapang dan sedang mencari tempat wisata yang sesuai, berikut adalah pilihannya:

1. Pantai Grand Watu Dodol

Grand Watu Dodol terkenal dengan kebersihan pantainya, dan banyaknya spot foto untuk wisatawan.

Letaknya berada di Jalan Situbondo Banyuwangi, Parasputih, Brangsing, Kecamatan Kalipuro. Pantai Grand Watu Dodol atau juga terkenal dengan singkatan GWD merupakan salah satu destinasi wisata bagi banyak wisatawan di Ketapang karena letaknya tidak jauh dari pelabuhan.

Jika kamu ingin berkunjung ke GWD, maka kamu dapat menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu 11 menit. Sama seperti pantai lainnya di Banyuwangi, Pantai Grand Watu Dodol adalah salah satu destinasi wisata alam dengan adanya barisan kelapa sekaligus area rerumputan.

Banyak wisatawan kepincut dengan Pantai Grand Watu Dodol karena Pasir Putih lembut dan pemandangan indah. Selain itu pantai ini juga pernah menjadi salah satu bagian penilaian ajang ASEAN Tourism Standard Awards di tahun 2018 saat acara berjalan di Thailand. Pantai tersebut akhirnya berhasil memperoleh pendidikan ASEAN Clean Tourist City.

Biaya yang harus kamu keluarkan kan untuk masuk ke pantai gwd adalah membayar tarif Rp5.000 saat hari biasa dan Rp7.000 saat hari akhir pekan. Apabila kamu mempunyai kendaraan pribadi, maka kamu harus membayar biaya parkir yaitu Rp2.000 pada kendaraan roda dua serta Rp5.000 pada dan juga Rp10.000 untuk kendaraan seperti bis.

2. Pantai Cacalan

Wahana populer yang ada di Pantai Cacalan ialah bermain kanomengelilingi muara yang ada di Pantai Cacalan.

Lokasi pantai ini berada di lingkungan sukowidi, Klatak, Kecamatan Kalipuro, dan letaknya memang ada di sekitar Pelabuhan Ketapang. Kamu bisa naik kendaraan roda dua dalam waktu tempuh 13 menit Dari pelabuhan ke pantai.

Begitu kamu menginjakkan kaki di pantai cacalan kamu akan melihat pemandangan pasir kecoklatan. Bagian menarik dari pantai tersebut adalah hawa sejuk karena masih dikelilingi pohon dan tumbuhan, rumput, dan juga tumbuhan perdu Fasilitas yang dapat kamu gunakan yaitu gazebo untuk bersantai di pinggir pantai atau untuk menikmati matahari tenggelam menggunakan kursi payung.

Ada juga spot foto di Pantai Cacalan menggunakan background unik. Kamu bisa membagikan foto ke selebgram karena ada fasilitas ayunan yang berhadapan dengan bibir pantai. Apabila kondisi air pasang, bagian bawa ayunan dipenuhi air sehingga jika digunakan untuk berfoto akan menimbulkan efek dramatis.

Jika kamu ingin menuju ke Pantai cacalan, kamu harus mempersiapkan biaya tiket masuk yaitu Rp2.500. Tidak hanya membayar tiket masuk, kamu juga harus bayar tiket parkir dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tarif parkir seluruh kendaraan roda dua yaitu Rp2.000 dan tarif roda empat yaitu Rp5.000. Apabila kamu hadir ke lokasi membawa rombongan dan naik bis, maka kamu harus mengeluarkan biaya Rp20.000 per kendaraan.

Pilihan Hotel Sekitar Pelabuhan Ketapang

Jika kamu berencana menyeberang menuju Bali, tetapi ingin menghabiskan waktu sebentar di Banyuwangi, ada beberapa rekomendasi penginapan dengan lokasi tidak jauh dari pelabuhan tersebut sebagaimana berikut:

1. ILLIRA Hotel

Illira Hotel merupakan salah satu hotel tertinggi di Banyuwangi.

Letak illira Hotel ada di kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi sekitar 15 menit jika kamu menggunakan kendaraan motor apabila dari pelabuhan Ketapang. Tarif menginap di hotel tersebut mulai dari Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per malam.

Dengan tarif tersebut, kamu bisa menikmati pengalaman menginap pada hotel bintang 4. Terdapat pula fasilitas yang bikin kamu makin betah seperti kolam renang, spa, bar, pusat kebugaran, hingga fasilitas meeting bisnis. Letak hotel tersebut di Jalan Yos Sudarso Nomor 81 83, Klatak, Kecamatan Kalipuro.

2. Dialoog Hotel

Hotel tepi pantai yang menawarkan pemandangan langsung menghadap selat Bali.

Tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang, tepatnya 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua, kamu bisa menuju ke dialoog hotel. Pemandangan instagramable membuat hotel ini layak kamu tempati dengan tarif menginap mulai 1 hingga 2 jutaan per malam.

Dialoog Hotel menawarkan konsep kemewahan alam sekitar dengan kamar-kamar menghadap laut. Ada juga fasilitas yang bikin kamu betah seperti Infinity full outdoor yang langsung menghadap laut. Letaknya juga di Jalan Yos Sudarso, Klatak, Kecamatan Kalipuro.

3. Ketapang Indah Hotel

Hotel Ketapang Indah adalah hotel terdekat dari Pelabuhan Ketapang.

Berada di Jalan Gatot Subroto Nomor 6, Klatak, Kecamatan Kalipuro, Ketapang Indah Hotel adalah salah satu penginapan dekat Pelabuhan Ketapang karena jaraknya hanya sekitar 7 menit perjalanan apabila kamu menggunakan kendaraan bermotor.

Tarif menginap di hotel bintang 4 tersebut cukup murah yaitu dari Rp400.000 hingga Rp700.000 per malam. Salah satu keunggulan Ketapang Indah Hotel adalah pemandangan alam memukau.

Menginap di hotel ini artinya kamu bisa menikmati suasana pinggir pantai dengan panorama laut yang indah.

Konsep tropis yang diusung oleh hotel tersebut juga dilengkapi dengan suasana bersih, rapi dan luas. Sehingga, menjadi salah satu pilihan hotel terbaik untuk staycation bersama keluarga.

4. Villa So Long

Villa So Long ini terkenal dengan keasriannya dan instagramable banget lho!

Dengan perjalanan 10 menit saja menggunakan kendaraan bermotor apabila kamu dari pelabuhan Ketapang, kamu bisa berkunjung ke Villa yang dibanderol dengan tarif menginap sekitar Rp800.000 hingga satu juta permalam. Villa tersebut menawarkan kecantikan pemandangan dengan suasana Asri, dikelilingi berbagai pohon kelapa dan taman.

Villa tersebut berada di Jalan Yos Sudarso, Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Karena suasana Villa berada pada pinggir pantai sepi dan sangat nyaman, tidak sedikit artis memilih menjadi pelanggan pada villa tersebut.

Pelabuhan Ketapang Saat Pandemi

Adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau dikenal dengan PPKM merupakan salah satu bagian dari tindakan mencegah penyebaran covid-19 di masa pandemi. Walaupun demikian penyeberangan ketapang-gilimanuk akan terus padat. Bagi para pengunjung yang ingin menuju ke Bali, tempat wisata tersebut dibuka secara bertahap dan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Apabila kamu berencana liburan ke Bali menggunakan jalur darat maka kamu harus menyeberang menggunakan pelabuhan Ketapang-Gilimanuk. Sehingga kamu wajib mengetahui seperti apa jadwal dari pemberangkatan dan syarat terbaru maupun pembelian tiket online.

Selain itu menurut Kompas, penyeberangan dari Jawa ke Bali di pelabuhan Ketapang hanya dapat dilakukan secara daring. Terdapat tiket elektronik yang dapat kamu beli dari website maupun aplikasi PT ASDP Indonesia Ferry yaitu Ferizy, atau kamu juga bisa mengakses website ide resmi di www.ferizy.com.

Pembelian e-ticketing tersebut harus sesuai dengan kartu identitas masing-masing pengguna jasa sesuai nomor polisi dan STNK. Jika membeli tiket melalui aplikasi maupun website maka data yang dimasukkan harus sama dengan data riil. Misalnya berapa jumlah dan data identitas orang yang akan naik ikut menyeberang data anak, data kendaraan yang kamu gunakan, semuanya harus sesuai dokumen resmi termasuk KTP ataupun STNK.

Syarat lainnya untuk pengguna jasa penyeberangan tersebut adalah dengan membawa surat bukti vaksin paling tidak satu kali bagi masing-masing orang. Hal ini karena pandemi covid-19 belum usai.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, membawa bukti tes PCR atau antigen dengan hasil negatif. Surat hasil antigen tersebut hanya dapat berlaku 1 x 24 jam Setelah tes selesai sedangkan surat PCR tersebut hanya berlaku 3 x 24 jam.